Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Selamat datang dan selamat belajar di Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, di Jurusan ini memiliki fasilitas yang sangat baik, dalam menjadikan SMK unggul membentuk SDM bermutu. Selain itu Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik memiliki guru-guru yang kompeten di setiap kompeten yang diberikan.

Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Energi listrik dengan sangat membantu kita dalam menyelesaikan kegiatan sehari-hari.

Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam Perencanaan dan Pemasangan Instalasi Penerangan dan Tenaga; Pemasangan dan pengoperasian motor listrik dengan kendali elektromekanik, elektronik, dan PLC (Programmable Logic Controller); Merawat dan Memperbaiki Alat Rumah Tangga Listrik dan Teknik Pendinginan, serta menggulung ulang motor listrik, agar lulusannya dapat bekerja, baik secara mandiri maupun di Dunia Industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah

Sekolah merupakan salah satu sarana penting untuk membawa bangsa ini menjadi negara yang maju. Dengan sekolah kita dapat mendapatkan berbagai ilmu yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan sekolah namun sayangnya biaya sekolah yang mahal mendorong masyarakat untuk enggan menyekolahkan anak mereka dengan alasan tak kuat membayar.

Namun jangan kecil hati bagi anda yang tak memiliki banyak biaya untuk menyekolahkan anak anda, karena saat ini sudah banyak smk yang bertebaran di Indonesia. Dengan adanya smk anak anda akan langsung bisa bekerja seusai lulus nanti. Ada kalanya saat anda ingin menyekolahkan anak anda di smk pasti anak anda akan bingung memilih jurusan apa. untuk itu kali ini saya menyarankan untuk memilih jurusan listrik.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan memilih jurusan listrik.

  1. Listrik digunakan semua orang

Listrik digunakan oleh hampir semua orang, hal ini akan membuat tingkat kebutuhan teknisi listrik menjadi tinggi. Sebagai contoh jika ada listrik yang mati di suatu rumah maka hal pertama yang akan dilakukan pemilik rumah adalah mencari teknisi listrik.

  1. Listrik = elektronika

Jika anda mengambil jurusan listrik maka anda juga akan diajari mengenai dioda, resistor, kapasitor, transistor dan sebagainya. Anda juga akan diajari cara membuat lampu otomatis menggunakan sensor layaknya jurusan elektronika.

  1. Dibutuhkan banyak pabrik

Apakah anda pernah melihat pabrik yang tak menggunakan listrik? Saya rasa anda tak akan melihatnya, ini merupakan nilai khusus tersendiri bagi jurusan listrik mengingat pabrik apapun itu entah pabrik otomotif, tekstil, pakaian, makanan, pokoknya semuanya menggunakan listrik dan membutuhkan teknisi listrik.

Semua pilihan ada ditangan anda, saya hanya memberikan sedikit saran untuk anda. Bila anda merasa terbantu dengan artikel ini saya akan sangat merasa senang bila anda menyebarkannya dengan mencantumkan link sumber aktif yang menuju ke artikel ini.

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Tujuan Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Secara khusus tujuan Program Keahlian eknik Instalasi Tenaga Listrik adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten.

Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Standar kompetensi yang digunakan sebagai acuan pengembangan kurikulum ini adalah Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) pada Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listriki. Standar kompetensi dan level kualifikasi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik dapat digambarkan sebagai berikut :

  1. Menganalisis rangkaian listrik
  2. Memahami dasar -dasar elektronika
  3. Menggunakan hasil pengukuran
  4. Menerapkan pengukuran komponen elektronika
  5. Menafsirkan gambar teknik listrik
  6. Melakukan pekerjaan mekanik dasar
  7. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
  8. Merawat peralatan rumah tangga listrik
  9. Memperbaiki peralatan rumah tangga listrik
  10. Memperbaiki motor listrik
  11. Memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana
  12. Memasang instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat
  13. Memasang sistem pentanahan instalasi listrik
  14. Memasang instalasi tenaga listrik bangunan sederhana
  15. Memasang instalasi tenaga listrik bangunan bertingkat
  16. Mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik
  17. Mengoperasikan sistem pengendali elektronik
  18. Mengoperasikan peralatan pengendali daya tegangan rendah
  19. Merawat panel listrik dan switchgear
  20. Merawat dan Memperbaiki Pendingin Rumah tangga

Prospek Kerja Jurusan Teknik Tenaga Listrik

Teknik Tenaga Listrik merupakan Program Studi yang mempelajari segala hal tentang kelistrikan dan pengoprasian kerja proses kelistrikan, baik software maupun hardware. Prospek kerja jurusan Teknik Tenaga Listrik ini bisa dibilang sangat cerah, baik dari segi gaji maupun prospek jangka panjang kedepannya. Mengingat listrik merupakan kebutuhan primer terbaru umat manusia. Ketika listrik padam hampir semua aktifitas juga tersendat dan tidak bisa berjalan semestinya.

Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Rangkaian Elektrik, Elektronika, Medan Elektromagnetik, Mesin-mesin Listrik, Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Tegangan Tinggi, Sistem Distribusi Tenaga Listrik, Sistem Kendali, Material Elektro Teknik dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja jurusan Teknik Tenaga Listrik sesuai dengan kompetensi yang di milikinya :

  1. Perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik

Setelah lulus kamu paling pas untuk bekerja di perusahaan-perusahaan pembangkit tenaga listrik, baik itu perusahaan BUMN maupun Swasta. Di Indonesia sendiri tentu saja yang paling besar adalah PT PLN (Perusahaan Listrik Negara), kemudian juga ada perusahaan-perusahaan lain yang tidak kalah menariknya seperti PT Indonesia Power, Chevron, PLT Jawa-Bali, dan lain sebagainya.

  1. Perusahaan Peralatan Listrik

Ketika membuat sebuah peralatan, tentu saja kita harus tahu untuk apa fungsi dari alat tersebut. Nah, begitupun di industri manufacture alat-alat tenaga listrik membutuhkan orang mengerti tentang skelistrikan dengan baik. Sehingga, kamu bisa bekerja di perusahan manufacture ini di beberapa bidang seperti Quality Control, production ataupun operasional.

  1. Perusahaan Umum dengan sistem kelistrikan tinggi

Yang ketiga ini maksudnya adalah sebuah perusahaan yang mempunyai sistem kelistrikan yang rumit dan kompleks untuk menjalankan operasional perusahaan tersebut, contohnya bisa seperti Mall besar, Pertamina, Pabrik Tekstil, dan perusahaan besar lainnya.

  1. Tenaga Pengajar

Banyak sekali program studi yang mempelajari mata kuliah kelistrikan, terutama di bidang teknik. Oleh karenanya, peluang menjadi seorang akademisi kelistrikan juga bisa kamu capai.

  1. Konsultan Kelistrikan

Sebuah perusahaan besar biasanya membutuhkan konsultan dalam memanage kelistrikannya, atau biasanya bekerja sama dengan perusahaan konstruksi dalam membangun gedung bersama dengan sistem kelistrikannya.